Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Alasan Indonesia Jadi Tuan Rumah

Kompas.com - 12/06/2011, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia terpilih menjadi tuan rumah dari World Economic Forum on East Asia 2011 karena sejumlah hal. Potensi sumber daya alam dan ekonomi Indonesia menjadi dua hal di antaranya.

"Pertama adalah karena potensi sumber daya alam Indonesia yang luar biasa. Indonesia adalah negara besar dilihat dari sudut potensi sumber daya alam. Dan juga potensi ekonominya, dengan hampir 240 juta penduduk," ujar Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi, daily press briefing World Economic Forum on East Asia (WEF EA) 2011 , di Hotel Shangri-La, Jakarta, Minggu (12/6/2011).

Selain itu,  sebut dia, kepemimpinan Indonesia diakui oleh tingkat regional dan global. Di mana Indonesia adalah anggota dari G-20, bahkan menjabat sebagai ketua ASEAN untuk tahun ini. "Jadi, apa yang dilakukan Indonesia diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi negara-negara lain," tuturnya.

Selain itu, WEF juga memandang banyak inisiatif yang sudah diambil oleh Pemerintah Indonesia, terutama dalam konteks lingkungan hidup dan pangan. "Misalnya, dalam konteks pangan, Indonesia menjadi leader dalam ASEAN Rice Reserve, itu dipandang sebagai sebuah model yang sangat baik," ungkapnya.

Perlu diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah World Economic Forum on East Asia untuk pertama kali.

Direktur and Head of Asia of The World Economic Forum Palakurthi Rao pun menyebutkan, pertemuan tahun ini akan difokuskan pada bagaimana para pemimpin di Kawasan Asia Timur bekerja sama mengatasi permasalahan, seperti tekanan inflasi, kelangkaan sumber daya, hingga degradasi lingkungan yang semakin tinggi. Selain itu, pertemuan juga akan membahas keberlangsungan pertumbuhan ekonomi di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com