Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Latih Hilang dari Radar

Kompas.com - 01/12/2010, 12:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pesawat latih jenis TB 10 yang tengah terbang solo dari Bandara Budiarto, Curug, Tangerang, Banten, menuju Beranti, Lampung, hilang dari radar. Pilot pesawat dengan nomor registrasi PK-AGM diketahui bernama RM Farukhi.

"Karena cuaca buruk, pesawat mencoba return to base. Tapi pesawat tiba-tiba hilang dari radar. Posisi terakhir pesawat yang terpantau dari Bandara Soekarno-Hatta adalah 06,01 derajat Lintang Selatan dan 106,03 derajat Bujur Timur," ucap Dody, petugas piket Badan SAR Nasional (Basarnas) yang dihubungi Kompas.com, Rabu (1/12/2010).

Menurut Dody, cuaca di sekitar posisi terakhir pesawat diketahui hujan deras. Basarnas segera mengirim sebuah helikopter dan sebuah kapal motor ke sekitar lokasi.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Asri Santosa mengatakan, pihaknya belum bisa menyatakan pesawat ini hilang karena saat ini masih dalam pencarian. "Statusnya masih lost potition. Kami masih memantau dan terus menelusuri," katanya kepada Kompas.

Ia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya telah menurunkan tim untuk mencari keberadaan pesawat latih itu. "Para instruktur STPI sudah dkerahkan untuk mencari pesawat itu," kata Asri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com