Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Religius di Bangka Belitung? Bisa!

Kompas.com - 27/10/2009, 08:40 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengembangkan objek wisata bernuansa religius, bagian upaya mewujudkan program Visit Babel Archi 2010.

"Babel memiliki sejumlah tempat ibadah yang cukup potensial dikembangkan menjadi objek wisata religius," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Yan Megawandi di Pangkalpinang, akhir pekan kemarin.

Menurut dia, Babel memiliki berbagai tempat ibadah yang cukup menarik, unik  dan memiliki nilai historis, seperti tempat ibadah Dewi Kwan Yin, masjid Agung serta beberapa tempat ibadah lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri.

"Berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan program Visit Babel Archi 2010, tidak hanya mengembangkan objek wisata alam seperti pantai, tetapi tempat ibadah diberdayakan sebagai objek wisata religius potensial," ujarnya.

Untuk mengembangkan kawasan objek wisata religius, kata dia, harus terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota agar memiliki persepsi yang sama.

"Pengembangan sektor kepariwisataan di Babel harus dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten dan kota, karena kebijakan pemerintah daerah kabupaten dan kota sangat menentukan kemajuan perkembangan objek wisata," ujarnya.

Sehingga kata dia diperlukan langkah-langkah strategis dalam mengembangkan dunia kepariwisataan daerah. "Memang diakui infrastruktur harus terus ditingkatkan untuk memajukan dunia kepariwisatan Babel dan masyarakat juga berperan penting dalam menyukseskan program Visit Babel Archi 2010," ujarnya.

Program Visit Babel Archi 2010 kata dia cukup realistis mengingat Babel memiliki banyak kawasan objek wisata menarik dan unik. "Terutama objek wisata pantai yang cukup menarik dan unik yang dihiasi pantai berpasir putih dan batu granit, ini tidak ada ditemukan di daerah lain," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com