Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal Badrodin Haiti: Kami Akan "Back Up" KPK Sepenuhnya

Kompas.com - 17/04/2015, 11:48 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, satu hal yang menjadi prioritasnya adalah meningkatkan sinergi Polri dengan lembaga penegak hukum yang lain, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi. Polri siap mendukung penuh KPK. Hubungan Polri dan KPK dalam beberapa tahun ini diwarnai berbagai dinamika.

"Tentu kami akan mem-back up sepenuhnya karena korupsi itu bukan hanya tantangan KPK, tapi juga tantangan bagi kita semua aparat penegak hukum dan bangsa Indonesia," ujar Badrodin, seusai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri, di Istana Kepresidenan, Jumat.

Menurut dia, penegakan hukum tidak bisa dilakukan secara parsial. Oleh karena itu, koordinasi antara lembaga penegak hukum diperlukan setiap saat. Dia mencontohkan, Polri membantu KPK dalam operasi tangkap tangan di Bali beberapa waktu lalu.

Sementara, terkait penyidik bagi KPK, Polri juga akan menyediakan sesuai yang dibutuhkan.

"Minta penyidik berapa nanti kita siapkan sepenuhnya," kata dia.

Selain dengan KPK, Polri juga akan lebih mengintensifkan kerja sama dengan kejaksaan, Badan Pemeriksa Keuangan, pengadilan, hingga lembaga pemasyarakatan untuk memberikan efek jera bagi pelaku korupsi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com