Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Raya Idul Adha, Ketum PP Muhammadiyah Pesan Hidupkan Kembali Semangat Berbagi

Kompas.com - 09/07/2022, 06:11 WIB
Singgih Wiryono,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan pesan perayaan Hari Raya Idul Adha yang diperingati oleh Muhammadiyah pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Haedar Nashir mengatakan, Idul Adha atau juga dikenal dengan hari raya kurban, menjadi momentum menghidupkan kembali semangat berbagi.

Inti dari ibadah kurban menurut Haedar adalah ruh untuk rendah hati, mendermakan sebagian nikmat yang dimiliki baik berupa ilmu, tenaga, akal pikiran, hingga harta yang semua itu diberikan dengan semangat pencerahan.

Baca juga: MUI Minta Masyarakat Saling Menghormati Terkait Perbedaan Waktu Shalat Idul Adha

"Mereka yang punya ilmu tidak arogan dengan keilmuannya dan mau berbagi ilmu dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan akal budi umat dan bangsa sehingga ilmu itu menyinari jiwa, akal budi, alam pikiran dan menyinari tindakan," kata Haedar dalam keterangan tertulis, Jumat (8/7/2022) malam.

Haedar juga berpesan agar siapapun yang memiliki kekayaan, kekuatan dan jabatan publik bisa digunakan untuk kemaslahatan orang banyak.

"Kekuasaan bukan untuk kekuasaan, kekuasaan bukan untuk memupuk oligarki, kekuasaan apalagi jangan sampai disalahgunakan untuk korupsi dan segala bentuk penyimpangan kekuasaan," ujar dia.

Baca juga: Kapan Shalat Idul Adha 2022? Sabtu atau Minggu?

Sebagai penutup, dia juga berpesan kepada setiap individu tidak memandang status dan tetap berbagi kepada mereka yang kekurangan.

Begitu juga bagi sebuah kelompok, korporasi atau perusahan yang juga tak luput harus memberikan manfaat pada khalayak.

"Jangan sampai kekayaan itu kemudian membuat kita senjang dengan sesama rakyat dan anak bangsa. Mereka yang memiliki akses dan kekuatan ekonomi kita harapkan semangat berbaginya untuk membagi kue yang dimilikinya untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," pungkas Haedar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com