Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal, JK: Beliau Orang Baik dan Sahabat Indonesia

Kompas.com - 08/07/2022, 21:53 WIB
Ardito Ramadhan,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia Jusuf Kalla menyampaikan dukacita mendalam atas wafatnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang menjadi korban penembakan di Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022).

"Saya menyampaikan dukacita mendalam atas berpulangnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Beliau pemimpin yang sangat baik dan merupakan sahabat Indonesia," kata Kalla dalam siaran pers, Jumat.

Menurut JK, sapaan akrab Kalla, kepergian Abe merupakan sebuah kehilangan karena Abe adalah tokoh besar Asia.

"Kepergiannya saya rasakan sebagai kehilangan besar seorang tokoh Asia yang selama ini gigih memperjuangkan kerjasama terutama ekonomi dan menjaga perdamaian kawasan," ujar JK.

Baca juga: Mantan PM Jepang Tewas Ditembak, Pelaku Mengaku Dendam dengan Shinzo Abe

JK menyebutkan, secara historis Indonesia memiliki hubungan kerja sama bisnis dengan Jepang saat ia mendampingi Presiden Joko Widodo sebagai presiden Republik Indonesia.

Ia mengatakan, Abe tidak hanya membawa hubungan Jepang dan Indonesia makin bersahabat, tapi juga membuat hubungan persahabatan yang hangat di antara keduanya.

"Saya beberapa kali melakukan kunjungan kenegaraan bertepatan dengan masa kepemimpinan Shinzo Abe. Makanya kami memiliki kedekatan yang erat," kata JK.

Baca juga: Shinzo Abe Tewas Ditembak, PM Jepang Fumio Kishida Emosional dan Kehabisan Kata-kata

Diberitakan sebelumnya, Abe dipastikan meninggal dunia setelah menjadi korban penembakan pada Jumat (8/7/2022).

Sekitar pukul 11.30 waktu setempat, Shinzo Abe, yang sedang memberikan pidato di dekat Stasiun Yamato-Saidaiji di Kota Nara, ditembak oleh seorang pria.

Dikutip dari NHK, seorang pejabat Partai Demokrat Liberal Jepang (LDP) mengatakan, Shinzo Abe yang ditembak dengan senjata selama pidato, meninggal di sebuah rumah sakit di Kota Kashihara, Prefektur Nara, di mana dia dirawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com