Kompas.com - 01/07/2022, 14:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikenang sebagai sosok yang sederhana dan gemar menjajal kuliner.

Rekan separtai Tjahjo, Junimart Girsang, menceritakan kenangannya tentang mantan Menteri Dalam Negeri itu saat berwisata kuliner di daerah.

Tjahjo, kata Junimart, adalah sosok yang sangat gemar minum kopi. Setiap safari politik ke daerah, Tjahjo selalu mencari kopi dan sate.

"Momen yang menjadi rutin selalu ke setiap daerah itu dia mencari sate dan kopi. Kopi itu nggak bisa lepas dari beliau, kopi dan sate. Itu merupakan kenangan, bagian asupan yang tidak boleh lepas dari beliau yang saya pahami selama ini," kata Junimart melalui tayangan Kompas TV, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Kemenpan-RB Akan Gelar Upacara Pelepasan Jenazah Tjahjo Kumolo

Junimart juga mengenang Tjahjo sebagai pribadi yang bersahabat, terbuka, dan santai. Sosok Tjahjo disebutnya jauh dari kesan serius.

Tjahjo juga dipandang Junimart sebagai politisi rasional. Menurutnya, mantan Sekretaris Jenderal PDI-P itu selalu berupaya untuk berpolitik secara cerdas dan santun.

"Politik itu untuk mensejahterakan semua umat. Kalau orang mengatakan politik kotor itu mereka mesti belajar lagi," kenang Junimart.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Meninggal, Megawati Perintahkan Kader Kibarkan Bendera PDI-P Setengah Tiang

Kenangan yang sama juga dikisahkan politisi PDI-P Eriko Sotarduga. Menurut Eriko, mendiang Tjahjo sering mengajaknya dan rekan-rekan sesama partai menjajal kuliner di tempat sederhana.

"Saya mengenang beliau sebagai pribadi yang sederhana. Gemar kuliner dan mengajak kami ke tempat-tempat makan yang sederhana, tempat makan lokal tetapi rasanya memang nikmat," kata Eriko dalam siaran langsung Kompas TV, Jumat.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Tjahjo Kumolo 1957-2022

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.