Prabowo Ganti Logo Kementerian Pertahanan, Ini Filosofinya

Kompas.com - 21/01/2022, 15:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto resmi mengganti logo Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Perubahan logo ini ditetapkan Prabowo dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

"Secara resmi diumumkan perubahan logo oleh Menteri Pertahanan RI, Letjen (Purn) Prabowo Subianto pada Rapim tanggal 20/01/22 kemarin," ujar Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: 7 Atensi Prabowo Terkait Pertahanan dalam Rapim Kemenhan 2022

Adapun logo Kemenhan sebelumnya diprakarsai oleh Menhan Juwono Sudarsono pada 2005.

Logo lama berbentuk bulat dan berwarna biru tua serta di dalamnya terdapat untaian tambang melingkar, gambar Garuda Pancasila, bendera merah putih, peta Indonesia, bintang, dan jangkar.

Sedangkan, pada logo baru ini juga berbentuk bulat lingkar emas dengan warna dasar merah tua serta didalamnya terdapat gambar Garuda Pancasila yang dilingkari rantai emas.

Baca juga: Prabowo: Pembelian Pesawat F-15EX Masih Tahap Negosiasi, Dassault Rafale Tinggal Aktifkan Kontrak

Menurut Dahnil, logo ini melambangkan pertahanan negara yang kuat dan tangguh dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa.

"Serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia yang dilandasi oleh persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempertahankan kejayaan NKRI," kata Dahnil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.