Kompas.com - 27/12/2021, 13:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merespons soal ramainya dokumen permohonan pembuatan KTP eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang jadi bungkus gorengan. Foto dokumen itu viral di media sosial.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, dokumen tersebut semestinya dipegang oleh warga yang mengajukan setelah diberikan Dinas Dukcapil setempat.

"Dokumen tersebut adalah dokumen yang dibuat oleh Dinas Dukcapil yang berupa surat keterangan yang diberikan dan dipegang oleh masyarakatnya," kata Zudan dalam keterangannya, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Tanggapi Dokumen Pribadi Jadi Bungkus Gorengan, Susi Pudjiastuti: Harus Protes ke Mana, ke Siapa?

Zudan pun menuturkan, semua dokumen yang memiliki NIK dan nomor KK harus disimpan dengan baik.

Menurut dia, karena surat tersebut merupakan tanggung jawab warga yang menerima, maka seharusnya dimusnahkan jika sudah tidak dipakai.

"Pada prinsipnya semua dokumen yang ada NIK dan nomor KK harus disimpan dengan baik oleh setiap pihak yang berkepentingan," ucap dia.

Baca juga: Kesal Birokrasi Lambat Atasi Tsunami Aceh, Jusuf Kalla: Ambil Pistol, Tembak Gemboknya!

Respons Camat Pangandaran

Dikutip dari Tribunnews, Camat Pangandara Yadi Setiadi menyayangkan hal tersebut. Sebab, dokumen permohonan pembuatan KTP termasuk dokumen penting.

"Seharusnya jangan sampai seperti itu (jadi bungkus gorengan), karena itu dokumen penting," kata Yadi, Minggu (26/12/2021).

Yadi menegaskan, selama dirinya menjabat sebagai camat tidak pernah menjual dokumen-dokumen lama.

Baca juga: Satu Orang Lolos dari Wisma Atlet, Kebijakan Karantina Diperketat


Ia pun menduga dokumen tersebut dijual atau dibuang sebelum dirinya menjadi Camat Pangandaran. Sebab, surat keterangan milik Susi itu bernomor tahun 2014.

"Selama saya menjabat di sini belum pernah mengeluarkan atau menyuruh menjual arsip-arsip yang ada," ujarnya.

Adapun dokumen yang terdapat foto Susi Pudjiastuti dengan gorengan di atasnya itu viral di media sosial Twitter sejak diunggah sebuah akun pada 24 Desember 2021.

Dokumen tersebut menampilkan permohonan pembuatan KTP Susi Pudjiastuti di Kantor Kecamatan Pangandaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.