Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Door to door Bagus Sekali, Kita Mendatangi Rumah-rumah

Kompas.com - 14/07/2021, 12:22 WIB
Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo meresmikan Wisma Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai rumah sakit darurat Covid-19, Jumat (9/7/2021). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaFoto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo meresmikan Wisma Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai rumah sakit darurat Covid-19, Jumat (9/7/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara door to door yang diselenggarakan Badan Intelijen Negara (BIN) pada Rabu (14/7/2021).

Menurutnya, program ini bagus karena mendatangi secara langsung ke rumah-rumah warga.

"Door to door ini bagus. Artinya kita mendatangi dari rumah ke rumah, yang ingin vaksin segera disuntik. Saya kira program dari rumah ke rumah ini bagus sekali," ujar Jokowi saat memantau secara virtual pelaksanaan vaksinasi Covid-19 door to door yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/7/2021).

Baca juga: BIN Gelar Vaksinasi Covid-19 Door to Door, Sasar 19.000 Warga di 14 Provinsi

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga melakukan dialog secara virtual dengan warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19 door to door di Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Selain itu Presiden juga berdialog dengan Deputi I BIN Mayjen TNI Agus Yusni yang sedang berada di lokasi vaksinasi door to door.

Agus menjelaskan saat ini tenaga kesehatan medical intelligence BIN mendatangi perumahan untuk mencari warga masyarakat yang memiliki keinginan untuk disuntik vaksin Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tujuan door to door agar menjangkau yang punya keinginan untuk vaksin dan terhambat dengan jarak dan birokrasi. Kita juga memberikan sembako dan vitamin secara lengkap, " ungkapnya.

"Selain itu, kami juga mendata warga yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid. Misalnya di RT 06 Kelurahan Cijantung ini sebagian besar adalah hipertensi dan diabetes," tambahnya.

Baca juga: Polda Metro Bagikan Sembako secara Door to Door, 100 Kendaraan Dikerahkan

Sebelumnya, Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan, vaksinasi door to door digelar serentak oleh BIN pada Rabu dengan menyasar 19.000 warga.

"Kegiatan ini dilaksanakan di 14 provinsi daerah episentrum, ada 15 kabupaten kota dan 32 titik," ujar Budi dalam siaran langsung yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden.

"Yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Papua," lanjutnya.

Baca juga: Hari Ini Vaksinasi Warga 18 Tahun ke Atas, Khusus Pemilik KTP Kota Tangerang hingga Digelar Door to Door

Dia menjelaskan, metode vaksinasi ini mengadopsi metode vaksinasi door to door yang digunakan beberapa negara.

Budi menyebut metode itu telah mampu meningkatkan partisipasi vaksinasi karena dapat menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses dan yang takut keluar rumah untuk menghindari tertular Covid-19.

"Semoga segala upaya dan ikhtiar yang dilakukan hari ini akan segera dapat membentuk target herd immunity untuk Indonesia sehat, Indonesia hebat untuk mengatasi wabah pandemi Covid-19 ini," tambahnya.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.