Ini yang Perlu Dilakukan Saat Sembuh dari Covid-19

Kompas.com - 03/12/2020, 16:10 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia Isman Firdaus mengatakan, survivor Covid-19 atau orang yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 perlu memulihkan kembali kesehatannya.

Menurut Isman, orang yang sembuh dari Covid-19 sudah bisa beraktivitas untuk menjaga kebugaran fisiknya. Namun, tidak dengan intensitas tinggi, melainkan secara perlahan.

"Sebenarnya tidak hanya sembuh dari Covid-19 ya. Mobilisasi cepat itu lebih baik. Artinya adalah kita bisa mulai pelan-pelan beraktivitas ringan, misal tadinya hanya tidur saja, lalu duduk, kemudian berdiri, dan berjalan, lalu jogging," kata Isman dialog virtual Satgas Penanganan Covid-19 bertajuk "Mewaspadai Efek Jangka Panjang Covid-19" Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Pahami Gejala Covid-19 dan Long Covid-19, Ini Bedanya

Ia melanjutkan, hal-hal inilah yang wajib dilakukan pasien-pasien setelah dari perawatan dan dinyatakan sembuh.

Isman juga mengatakan, salah satu syarat pasien diizinkan pulang dari rumah sakit adalah kembali bisa berjalan.

Selain itu, ketika tiba di rumah, aktivitas olahraga ringan sudah bisa dilakukan oleh survivor. Misalnya dengan jalan-jalan pagi atau berjemur. Hal ini dapat dilakukan bertahap.

"Lalu bertahap ke bersepeda, jalan cepat dan seterusnya. Karena itu akan membuat otot jantung kita bisa lebih nyaman beraktivitas dalam situasi membutuhkan oksigen yang tinggi. Kita bisa melatih otot-otot kita dan juga tubuh kita," ujarnya.

Kendati demikian, menurutnya yang paling penting adalah menjaga pikiran agar tidak stress.

Oleh karena itu, ia menekankan agar seseorang selalu bersikap positif, bersemangat dalam menjalani kehidupan setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Menjaga pola makan dengan menerapkan pola 4 sehat 5 sempurna juga disebut Isman menjadi hal yang perlu diperhatikan survivor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X