Tenaga Medis Pasien Covid-19 akan Difasilitasi Swab Test Gratis

Kompas.com - 22/09/2020, 15:13 WIB
Pemeriksaan test swab covid-19. ANTARAFOTO/Umarul FaruqPemeriksaan test swab covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo memastikan, para dokter dan perawat yang menangani pasien Covid-19 akan mendapatkan fasilitas kesehatan.

Salah satunya, para dokter dan perawat akan difasilitasi swab test dengan metode polymerase chain reaction (PCR) tes secara gratis.

"Secara rutin para dokter dan perawat juga akan mendapatkan fasilitas tes swab dan PCR gratis sehingga bisa diketahui kesehatan para dokter," kata Doni dalam rapat kerja Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Peti Jenazah Pasien Covid-19 di Cilacap Dibuka Keluarga, Ganjar: Ikuti Prosedur Dokter

Doni juga mengatakan, bagi dokter yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), disarankan untuk tidak menangani pasien Covid-19 secara langsung, tetapi melalui telemedicine.

Tak hanya itu, Doni mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia untuk disiapkan fasilitas hotel untuk para dokter dan perawat.

Baca juga: Camat Ajak Keluarga Mahasiswa Positif Corona Jalani Swab

"Kami telah menghitung jumlah dokter serta perawat yang akan disiapkan akomodasi setara hotel bintang tiga," ujarnya.

Lebih lanjut, Doni memastikan, para dokter dan perawat mendapatkan tambahan gizi dan vitamin untuk menjaga imunitas.

"Satgas memastikan dokter dan perawat juga mendapat tambahan gizi serta vitamin untuk menjaga stamina dan imunitas mereka," lanjut dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X