Kapolda Jabar Diminta Dicopot Pasca-penggusuran Tamansari, Begini Tanggapan Polri

Kompas.com - 16/12/2019, 13:45 WIB
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019). KOMPAS.com/Devina HalimKepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, saat ini Polri masih fokus mendalami dugaan pelanggaran saat penggusuran rumah warga Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat, yang berujung kericuhan.

Hal itu disampaikan Asep ketika ditanya mengenai desakan dicopotnya Kapolda Jawa Barat Irjen Budi Rudy Sufahriadi pasca-peristiwa tersebut.

"Sekarang kan kita fokus melakukan pemeriksaan dulu ya, apakah ada kesalahan prosedur atau apa, dan sebagainya, pendalamanlah," ungkap Asep di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2019).


Baca juga: 25 Anggota Polrestabes Bandung Diperiksa Terkait Penggusuran Tamansari

Saat ini, Divisi Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jabar telah memeriksa sekitar 25 anggota kepolisian terkait peristiwa tersebut.

Semua anggota kepolisian yang diperiksa itu merupakan personel Polrestabes Bandung.

"Sekitar 25 orang untuk mengetahui dulu kedalaman peristiwa itu sebenarnya apa yang terjadi," ujarnya.

Propam juga mendalami apakah penggunaan gas air mata saat peristiwa tersebut sudah sesuai prosedur operasi standar (SOP).

Menurut dia, Polri akan membeberkan hasil pemeriksaan tersebut kepada publik.

Baca juga: Kecam Penggusuran di Tamansari, Desmond: Warga Tak Melawan Kok Digebuk?

Sebelumnya, beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan para polisi memukul warga saat mengamankan penggusuran rumah warga di Tamansari, Bandung, Jawa Barat.

Seperti dikutip dari Tribunnews.com, lebih dari 10 orang ditangkap pihak kepolisian saat kericuhan di kawasan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019) siang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X