Menag Optimistis Pembebasan Lahan untuk UIII Selesai Tahun Ini

Kompas.com - 06/03/2019, 21:41 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (7/2/2019). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comMenteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin optimistis pembebasan lahan untuk pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia ( UIII) selesai tahun ini.

Hal itu disampaikan Lukman usai mengikuti rapat pembangunan UIII yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

"Ya sebagian memang masih ada para penggarap, warga yang masih tinggal di sana dan ini sedang terus kami selesaikan. Musyawarah dengan mereka untuk bagaimana waktunya nanti mereka bisa meninggalkan tempat itu," kata Lukman.

Baca juga: Pemerintah Mulai Rancang Kurikulum hingga Rekrutmen Mahasiswa UIII

Ia menambahkan, segala aspek yang berkaitan dengan pembangunan fisik UIII sudah selesai sehingga tak perlu ada yang dikhawatirkan.

Ia pun mengatakan anggaran pembangunan UIII juga sudah disiapkan oleh Kementerian Keuangan secara bertahap (multi years). Lukman menyatakan pembangunan UIII direncanakan selesai tahun depan.

Baca juga: Ridwan Kamil Mengaku Diminta Wapres Cari Donor untuk Proyek UIII

"Ya jadi lahannya itu ada di Cimanggis (Depok, Jawa Barat) dan sekarang sedang proses pembangunan di sana dan ya mudah-mudahan tahun ini sudah tuntas. Tahun depan harapannya kita bisa memulai membuka universitas ini," tutur Lukman.

"Anggarannya sudah, sudah. Bahkan sudah disediakan untuk tahun ini, secara bertahap tentu ya untuk pembangunan fisiknya," lanjut politisi PPP itu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X