Ini Dia Daftar Universitas Paling Inovatif di Dunia - Kompas.com

Ini Dia Daftar Universitas Paling Inovatif di Dunia

Kompas.com - 13/10/2018, 16:16 WIB
Potongan adegan video ilustrasi penelitian robot dan manusia yang dilakukan Stanford UniversityStanford Potongan adegan video ilustrasi penelitian robot dan manusia yang dilakukan Stanford University

KOMPAS.com - Memasuki tahun ke-4, Universitas Stanford menduduki peringkat universitas paling inovatif di dunia versi Reuters. Pemeringkatan didasarkan pada universitas yang paling banyak memajukan sains, menemukan teknologi baru dan menggerakkan pasar dan industri baru.

Paten dan penelitian Stanford dianggap berpengaruh karena dianggap paling sering dikutip oleh akademisi lain di seluruh dunia. Kutipan riset atau jurnal ilmiah tersebut memainkan peran kunci dalam peringkat universitas dan didasarkan pada data kepemilikan dan analisis berbagai indikator termasuk pengajuan paten dan kutipan makalah penelitian.

Riset terbaru di Stanford yang menjadi sorotan adalah perkembangan di bidang kecerdasan buatan, sistem kamera generasi berikutnya untuk memandu mobil dan simulator yang bisa mengemudi sendiri serta di bidang pengobatan.

10 universitas inovatif

Berikut daftar 10 universitas paling inovatif versi Reuters:

10. Universitas Vanderbilt, Amerika Serikat

9. Universitas North Carolina Chapel Hill, Amerika Serikat

8. Imperial College London, Inggris

7. KU Leuven, Belgia

6. University of Texas System, Amerika Serikat

5. Universitas Washington, Amerika Serikat

Baca juga: 5 Universitas Terbaik Indonesia 2019 versi Times Higher Education

4. Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat

3. Universitas Harvard, Amerika Serikat

2. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

1. Universitas Stanford, Amerika Serikat

Inovatif berkat riset

Pemeringkatan Reuters mengalami perubahan dramatis telah karena penelitian baru yang inovatif. Penggerak terbesar pada daftar tahun ini adalah Universitas Manchester, yang melonjak 27 tingkat tempat dari nomor 80 ke nomor 53.

Kenaikan drastis Universitas Manchester sebagian besar karena penelitian ke "graphene supermaterial". Graphene kini dianggap salah satu bahan terkuat di bumi, namun juga sangat ringan, fleksibel dan sangat konduktif. Bahan ini diprediksi akan menjadi meterial sangat penting untuk inovasi masa depan dalam elektronik, energi, transportasi, dan industri lainnya.

Fisikawan berteori keberadaan "graphene" ditemukan tahun 1940-an, tetapi pertama kali diproduksi pada tahun 2004 oleh 2 ilmuwan Universitas Manchester. Sejak saat itu  Universitas Manchester mendominasi penelitian dunia mengenai bahan mutakhir ini.

Presiden minta PTN cepat beradaptasi

Terkait inovasi,  dengan perubahan yang ada.

Di antaranya soal penyesuaian program studi yang ditawarkan perguruan tinggi di Indonesia sesuai dengan perkembangan zaman.

“Sangat mengherankan jika zaman sudah berubah tapi fakultas dan program studi tidak banyak berubah. Ini sudah 3 tahun saya ulang-ulang. Saya tunggu sebelum saya mengeluarkan kebijakan yang drastis. Saya tunggu Bapak/Ibu (pimpinan perguruan tinggi) sekalian untuk merespons ini,” kata Presiden.

Kepala Negara sangat mengharapkan perguruan tinggi menjadi pionir dalam perubahan besar. Apalagi saat ini kecepatan kita dalam merespons perubahan merupakan kunci untuk menghadapi persaingan global.

“Kita sudah berapa puluh tahun hanya 3 universitas yang masuk ke 500 besar? Harus kita respons dong,” imbuhnya.

 

 

 


Close Ads X