Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sebut Penanganan Dampak Bencana Sulteng Berjalan Baik

Kompas.com - 03/10/2018, 12:10 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

PALU, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan penanganan dampak bencana di Sulawesi Tengah relatif telah dilaksanakan dengan baik. 

"Setelah empat hari lalu saya perintahkan, baik soal listrik, BBM, logistik, terutama penanganan korban terluka, saya lihat berjalan baik," ujar Jokowi saat meninjau permukiman di Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10/2018).

Pascagempa bumi dan tsunami, Jumat (28/9/2018), permukiman di Petobo rata dengan tanah dan keluar lumpur dari dalam tanah hingga menutupi reruntuhan bangunan. 

Dalam hal evakuasi, Presiden juga mengatakan telah berjalan sesuai rencana.

"Alat berat sudah pada masuk. Di beberapa titik sudah mulai pembersihan," ujar Jokowi.

 Baca juga: H+4 Tsunami di Sulteng, 6.399 Personel Tim SAR dan 16 Alat Berat Diterjunkan

Soal ketersediaan pasokan listrik, Presiden mengatakan 40 persen sudah menyala, meskipun ditopang oleh generator, bukan gardu listrik. Saat ini, 500 orang dari PLN sedang turun tangan memperbaiki gardu beserta jaringan listrik. 

Demikian pula soal pasokan BBM. Presiden Jokowi memastikan, Rabu ini, BBM dalam jumlah besar sudah masuk ke Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong. 

"Meskipun kita akui memang masih ada yang belum bisa dijangkau. Misalnya yang di Sigi, ada empat daerah yang belum masuk," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com