Presiden Jokowi dan PM Abe "Ngeteh" di Istana Bogor

Kompas.com - 15/01/2017, 17:52 WIB
Veranda Talk Presiden Jokowi dan PM Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (15/1/2017) sore. Humas/AgungVeranda Talk Presiden Jokowi dan PM Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (15/1/2017) sore.
|
EditorSandro Gatra

BOGOR, KOMPAS.com - Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Istana Bogor, Minggu (15/1/2017) sore, diselingi 'ngeteh' bersama.

Momen tersebut terjadi di beranda Istana Bogor, tempat pertemuan dilaksanakan.

Datang sekitar pukul 16.00 WIB, PM Abe dan sang istri, Akie Abe memasuki kawasan Istana Bogor dengan dikawal 12 personel Paspampres berkuda serta 75 Paspampres dari Detasemen Musik.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo menyambut kedatangan mereka di depan pintu Istana. Setelah itu, PM Abe dan sang istri mengisi buku tamu.

Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Abe untuk berbincang di beranda Istana. Momen itu dikenal dengan istilah veranda talk. Presiden Jokowi berbincang empat mata dengan PM Abe.

Setelah sekitar tiga menit berbincang sambil berdiri merapat pagar teralis beranda setinggi setengah meter, Presiden Jokowi mengajak Abe duduk.

Saat itulah pelayan Istana menyajikan teh hangat untuk mereka berdua.

Wartawan hanya diperbolehkan meliput saat keduanya berbincang sambil berdiri, bukan saat acara 'ngeteh' sehingga tak diketahui berapa lama perbincangan tersebut terjadi.

Usai 'ngeteh' di beranda, keduanya memimpin delegasi masing-masing untuk acara pertemuan bilateral di Ruang Induk Istana Bogor.

Pukul 17.30 WIB, Presiden Jokowi dan PM Abe sedang bersiap-siap melaksanakan joint press statement.

Humas/Agung Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi dan PM Jepang Shinzo Abe menyaksikan Ny. Akie Abe menandatangani buku tamu, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1/2017) sore.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X