Mahatir Mohamad: Negara Maju karena Masyarakat, Jangan Salahkan Pemimpinnya - Kompas.com

Mahatir Mohamad: Negara Maju karena Masyarakat, Jangan Salahkan Pemimpinnya

Kompas.com - 25/07/2016, 13:04 WIB
BBC Indonesia/Reuters Saat berpidato di hadapan para pengunjuk rasa di Kuala Lumpur, 30 Agustus lalu, Mahathir menyerukan pencopotan Perdana Menteri Najib Razak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohamad mengatakan, suatu negara bisa maju karena masyarakatnya. Rakyat jangan menyalahkan pemimpinnya atas kondisi negaranya.

"Kita sering salahkan pemimpin, tapi pemimpin tak jadi pemimpin kalau tak diizinkan oleh kita, masyarakat. Negara bisa maju karena masyarakatnya, jangan salahkan pemimpinnya," kata Mahatir saat memberikan orasi ilmiah di acara Dies Natalis ke-17 di Jakarta, Senin (25/7/2016).

Hal ini, lanjut Mahatir, khususnya berlaku di negara-negara demokratis dimana rakyat mempunyai kekuasaan untuk bisa memilih langsung pemimpinnya.

Sayangnya, kata dia, kekuasaan yang dimiliki rakyat itu seringkali disalahgunakan. Rakyat seringkali menjual kuasanya untuk memilih pemimpin dengan menerima sogokan.

"Apabila rakyat bersedia menjual kuasanya sedikit karena dapat sogokan uang dan lain-lain, rakyat akan kehilangan kuasa," kata dia.

"Masyarakat yang malas, tak amanah, tak memenuhi janji, masyarakat seperti ini tak mungkin mencapai kejayaan," tambah Mahatir.


PenulisIhsanuddin
EditorSandro Gatra
Komentar
Close Ads X