Sambil Terisak, Megawati Ingin Pancasila Jadi "Way of Life" Indonesia

Kompas.com - 01/06/2016, 14:45 WIB
|
EditorSandro Gatra

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri terisak saat berpidato di acara peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Rabu (1/6/2016).

Awalnya, Megawati berapi-api mengatakan bahwa 1 Juni 2016 ini merupakan momentum mengembalikan kebijakan pembangunan nasional ke dalam koridor nilai-nilai Pancasila.

Setelah itu, Megawati sempat terdiam. Kalimat berikutnya ia sampaikan sembari terisak. (Baca: Jokowi: 1 Juni Hari Lahir Pancasila, Diliburkan)

"Dengan spirit Pancasila 1 Juni 1945 mari kita jadikan Pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia," ujar Megawati yang langsung disambut meriah tepuk tangan tamu undangan.

Megawati kemudian mengatakan, Pancasila adalah prinsip dasar sekaligus alat untuk memerangi segala musuh bangsa demi tercapainya cita-cita.

(baca: Jokowi: Negara Maju Sedang Galau, Kita Bersyukur Punya Pancasila)

"Terus melangkah, teruslah berjalan, teruslah bergerak, teruslah bersama dalam perjuangan mencapai masyarakat adil, makmur lahir dan batin, sampai terwujud Indonesia raya, Indonesia yang sejati-jatinya merdeka," ujar Megawati.

Pernyataan Megawati itu sekaligus menutup pidatonya. Sekali lagi tamu undangan menyambut pidato Megawati dengan tepuk tangan meriah.

Kompas TV Jokowi Peringati Hari Lahir Pancasila di Bandung
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.