Cari AirAsia, TNI AU Berangkatkan Dua Hercules ke Tanjung Pandan

Kompas.com - 29/12/2014, 06:52 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary
JAKARTA, KOMPAS.com - Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama Sri Pulung mengatakan, TNI Angkatan Udara mengirimkan dua unit pesawat Hercules C-130 untuk mencari pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak sejak Minggu (28/12/2014) kemarin. Proses pencarian akan difokuskan di wilayah perairan Tanjung Pandan.

"Rencananya pada hari ini kami akan terjunkan dua set crew untuk melakukan pencarian," kata Pulung, di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (29/12/2014).

Menurut Pulung, kedua pesawat ini akan melakukan pencarian secara terpisah. Pesawat pertama dengan nomor seri penerbangan A13-16 akan fokus melakukan pencarian di wilayah utara sebelah timur perairan tersebut. Sementara, pesawat kedua dengan nomor penerbangan A13-23 melakukan pencarian di wilayah utara bagian barat.

"Proses pencarian ini akan dilakukan selama tujuh jam," katanya.

Selain dua pesawat Hercules, TNI AU juga menerjunkan dua unit pesawat Boeing 737 dan dua unit helikopter Super Puma untuk melakukan pencarian itu. Keempat pesawat itu akan diterbangkan dari Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat.

Hilang kontak

Pesawat AirAsia QZ8501 hilang kontak dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura, Minggu (28/12/2014) pagi. Pada Minggu malam, upaya pencarian dihentikan karena kekhawatiran atas kondisi cuaca buruk.

Dalam rilisnya kemarin, Kementerian Perhubungan menyebutkan pesawat diperkirakan jatuh di perairan Tanjung Pandan dan Pontianak.

Pesawat tersebut mengangkut 155 penumpang dan 7 kru, yang sebagian besar berasal dari Indonesia. Sementara, warga asing yang terdapat dalam penerbangan tersebut di antaranya warga negara Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

Baca juga:
Ini Kronologi Hilangnya Pesawat AirAsia QZ8501
AirAsia QZ8501 Tak Diizinkan Naik ke Ketinggian 38.000 Kaki, Ini Alasannya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X