DPR Cek Lokasi Penyimpanan Server E-KTP

Kompas.com - 25/11/2014, 11:08 WIB
Petugas mengujicoba penggunaan mesin pembaca chip e-KTP (card reader) di Kementerian Dalam Negeri, Rabu (8/5/2013). Kementerian Dalam Negeri menghimbau kepada seluruh instansi pemerintah dan perbankan untuk menyediakan card reader e-KTP, sebab terhitung sejak 1 Januari 2014 KTP non elektronik tidak berlaku lagi. Selain itu e-KTP juga tidak boleh difotocopy karena dapat merusak chip. 
KOMPAS/HENDRA A SETYAWANPetugas mengujicoba penggunaan mesin pembaca chip e-KTP (card reader) di Kementerian Dalam Negeri, Rabu (8/5/2013). Kementerian Dalam Negeri menghimbau kepada seluruh instansi pemerintah dan perbankan untuk menyediakan card reader e-KTP, sebab terhitung sejak 1 Januari 2014 KTP non elektronik tidak berlaku lagi. Selain itu e-KTP juga tidak boleh difotocopy karena dapat merusak chip.
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com —Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon bersama sejumlah anggota parlemen mendatangi kantor Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (25/11/2014) siang. Fadli akan melakukan inspeksi mendadak untuk melihat lokasi penyimpanan server e-KTP.

Kunjungan rencananya akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB. Namun, hingga pukul 10.30 WIB, Fadli belum tiba di lokasi. Baru terlihat hadir Wakil Ketua Komisi II Ahmad Riza Patria.

Kedatangan Fadli untuk melihat lokasi server e-KTP ini tak terlepas dari perdebatan yang muncul akibat pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bahwa server e-KTP ada di India.

Atas dasar itu, Tjahjo menghentikan penerbitan e-KTP. Dia meminta program e-KTP dievaluasi total. Tjahjo khawatir akan terjadinya kebocoran data. (Baca: Mendagri Hentikan e-KTP karena Server Cip Ada di Negara Lain)

Kendati demikian, pernyataan Tjahjo itu justru dibantah oleh anak buahnya sendiri. Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Dodi Riatmaji mengungkapkan bahwa server itu ada di kantor Kemendagri.

"Server ada di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta. Bisa dicek. Server yang di luar negeri itu nggak ada," kata Dodi. (Baca: Anak Buah Menteri Tjahjo Bantah Server E-KTP Ada di India)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X