Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 14 Tes yang Akan Dijalani Jokowi-JK

Kompas.com - 22/05/2014, 07:59 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla akan menjalani tes kesehatan di Instalasi Medical Check Up RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (22/5/2014). Ada 14 jenis pemeriksaan yang akan dijalani keduanya.

"Pemeriksaan ada 14 item termasuk pemeriksaan gigi dan mulut," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin, di RSPAD Gatot Soebroto.

Pemeriksaan yang akan dijalani di antaranya meliputi pemeriksaan kejiwaan, pemeriksaan jasmani, pemeriksaan gigi dan mulut, dan pemeriksaan penunjang atas indikasi.

Pada pemeriksaan kejiwaan, Zaenal mengatakan, pasangan bakal capres dan cawapres akan diperiksa oleh tim psikiater yang telah disiapkan. Mereka akan menjalani wawancara selama kurang lebih 1,5 jam sebelum melaksanakan pemeriksaan lanjutan.

Sementara, pemeriksaan jasmani meliputi pemeriksaan penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, paru-paru, bedah, urologi, ortopodi, neurologi, dan mata. Zaenal menambahkan, tim dokter  juga telah mempersiapkan pemeriksaan opstetri dan ginekologi. Namun, kedua pemeriksaan itu ditiadakan karena itu khusus bagi perempuan.

"Pemeriksaan penunjang ada beberapa pembagian seperti penunjang wajib meliputi USG abdomen dan treatmil, penunjang atas indikasi seperti MRI fungsional dan MRI kontras," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com