Presiden SBY Perintahkan BNPB Ambil Alih Penanganan Kabut Asap Riau

Kompas.com - 14/03/2014, 21:32 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono KOMPAS.COM/Sandro GatraPresiden Susilo Bambang Yudhoyono
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mendengarkan penjelasan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Ma'arif tentang kondisi terkini bencana asap di Riau. Presiden mengatakan, perlu operasi terpadu sehingga Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana kabut asap di Riau bisa dibentuk.  

Presiden menunjuk Kepala BNPB untuk memimpin Satgas tersebut. Presiden menuturkan tiga operasi terpadu yang perlu dilakukan yakni pemadama api dan asap, perawatan dan pelayanan kesehatan bagi korban bencana, dan penegakkan hukum.

"Ketiga kegiatan utama ini berjalan secara simultan dan dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Syamsul Ma'arif," ujar Presiden usai teleconference dari Polda Jawa Tengah, Jumat (14/3/2014).

Alasan penunjukan Kepala BNPB sebagai komandan satgas karena selama ini BNPB dinilai efektif memimpin operasi tanggap darurat di seluruh Tanah Air.

Sebagai wakil komandan akan disiapkan satu perwira tinggi dari TNI berpangkat Mayor Jenderal yang juga akan membantu penuh dan ikut mengendalikan operasi di lapangan. Sementara, komandan satgas pemadaman api dan asap akan dijabat oleh Komandan Korem.

Adapun satgas pelayanan dan perawatan kesehatan akan ditunjuk pejabat senior dari instansi kesehatan wilayah.

"Satgas penegakan hukum akan dipimpin oleh Kapolda yang sekarang aktif menangani bersamas dengan unsur kejaksaan daerah dan penegak hukum yang lain," kata Presiden.

Peningkatan operasi terpadu ini, lanjutnya, akan dilaksanakan selama 3 minggu.

"Dengan catatan, mana kala masih diperlukan atau ada perubahan keadaan karena kita tidak bisa kontrol unsur iklim dan cuaca bisa saya perpanjang. Tapi saya harapkan, dalam 3 minggu ini tugas pokok bisa dilaksanakan," ujar Presiden.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X