Pengawas Panggil KPU

Kompas.com - 14/06/2013, 04:04 WIB
Editor

Ambon, Kompas - Badan Pengawas Pemilu Maluku memanggil Ketua Komisi Pemilihan Umum Maluku Tenggara Yoseph Renyaan terkait penundaan hari pemungutan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah Maluku Tenggara. Pemungutan suara sedianya digelar pada Selasa (11/6) lalu bersamaan dengan pemungutan suara pemilihan gubernur/wakil gubernur Maluku periode 2013-2018. Hingga Kamis, pemungutan suara Pilkada Maluku Tenggara belum dilakukan.

Kepala Bawaslu Maluku Dumas Manery di Ambon membenarkan pemanggilan Yoseph dilakukan pada Kamis siang. Pemanggilan dimaksudkan untuk mendapatkan klarifikasi alasan penundaan hari pemungutan suara. Namun, ia menolak menjelaskan isi pertemuan itu.

”Kami masih mengumpulkan data. Selain dari Yoseph, juga dari Panitia Pengawas Pemilu Maluku Tenggara. Tunggu setelah laporan lengkap baru diumumkan,” katanya.

Jika nanti ditemukan pelanggaran, Dumas berjanji Bawaslu Maluku akan memproses sesuai aturan yang berlaku. ”Jika kami menemukan pelanggaran dilakukan oleh KPU Maluku Tenggara, kami akan melaporkannya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Mereka yang berwenang memberi sanksi,” ujarnya.

Menurut Ketua Panwaslu Maluku Tenggara Maks Lefteuw, kini pihaknya pun masih mengumpulkan bukti dan memeriksa petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di tempat pemungutan suara yang kotak suaranya dibuka sebelum waktunya. ”Pelanggaran yang bersifat administratif kami laporkan ke KPU Maluku Tenggara dan yang bersifat pidana dilaporkan ke kepolisian,” ujarnya.

Anggota KPU Maluku Tenggara, Semmy Masrem, mengatakan, petugas KPPS membuka kotak suara itu sebelum waktunya untuk mencek dokumen. (apa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.