Kompas.com - 10/06/2013, 05:45 WIB
EditorBenny N Joewono

BIAK, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan melakukan verifikasi pengurus partai politik ganda terhadap dukungan pasangan calon bupati (cabup) untuk pemilihan kepala daerah setempat pada 10 September 2013.

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Biak, Hengky Mandosir, di Biak, Senin, mengakui KPU akan mengirim tiga tim ke Jakarta untuk melakukan verifikasi pengurus parpol ganda saat mendaftar pasangan calon bupati pada 1 Juni lalu.

"Hasil verifikasi pengurus parpol di pengurus Pusat Jakarta diharapkan dapat menjadi dasar hukum KPU untuk memutuskan calon bupati mana yang sah didukung partai kepengurusan ganda," ujar Hengky Mandosir, Senin (10/6/2013).

Ia menyebutkan munculnya kepengurusan ganda di berbagai parpol menjelang pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati pada 10 September 2013 itu merupakan masalah internal parpol bersangkutan.

KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang independen dan profesional, menurut Hengky Mandosir, tidak berwenang untuk menentukan pengurus parpol mana yang sah saat mendaftar pasangan cabup ke KPU.

"Ada sejumlah parpol peserta Pemilu 2009 yang berhak mengajukan pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan mengusung nama berbeda padahal satu partai, iya ini menjadi alasan komisioner KPU melakukan verifikasi faktual," ungkap Sekretaris KPU itu.

Data yang dihimpun Antara mencatat, kepengurusan ganda parpol yang mendaftar ke KPU saat pendaftaran calon bupati Biak di antaranya Partai Barisan Nasional, PKNU, Republikan, serta PDS.

Hingga 10 Juni 2013, KPU Biak telah menerima pendaftaran sebanyak 11 pasangan calon bupati dan wakil bupati dari pengusung parpol dan jalur perseorangan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.