7 Tahun Lagi, Thailand dan China Terhubung dengan KA

Kompas.com - 07/06/2013, 17:43 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Thailand mulai melakukan sosialisasi pembangunan infrastruktur rel kereta api (KA) cepat. Kelak, tujuh tahun ke depan, kata Menteri Transportasi Thailand Chadchart Sittipunt. "Jaringan KA itu akan melewati kawasan Utara Laos," kata Sittipunt di Bangkok sebagaimana warta laman Bangkok Post pada Jumat (7/6/2013).

Sittipunt mengemukakan gagasan negaranya itu dalam sebuah seminar dan pameran bertajuk Thailand 2020. Kelak, di Provinsi Nakorn Ratchasima, timur laut Thailand akan dibangun jaringan KA cepat sepanjang 625 kilometer, yang menghubungkan Bangkok dan Provinsi Nong Khai.

Menurut Sittipunt, jaringan KA cepat itu akan menyeberangi Sungai Mekong dari arah Vientiene, ibu kota Laos. Sementara itu, infrastruktur KA cepat China akan datang dari arah selatan China.

Menurut Sittipunt, dana yang dibutuhkan untuk proyek itu sekitar 730 miliar dollar AS. Jaringan itu akan menghubungkan seluruh Thailand pula. Untuk tahap pertama, jaringan sepanjang 250 kilometer antara Bangkok dan Nakorn Ratchasima akan dibangun lebih dulu.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X