Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhitungan Sementara KPU Jateng, Ganjar-Heru Unggul

Kompas.com - 26/05/2013, 21:37 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil perhitungan suara sementara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Jawa Tengah, pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko unggul dibandingkan dua pasangan lain. Ganjar-Heru mendapatkan 48,25 persen suara, pasangan Bibit Waluyo-Sudijono Sastroamidjojo 30,59 persen suara, dan pasangan Hadi prabowo-Don Murdono 21,16 persen suara.

Ketua KPU Daerah Jawa Tengah M Fajar Subhi AK Arif mengatakan, penghitungan suara sementara itu menjadi informasi sementara bagi masyarakat. Hasil itu bukan hasil final penghitungan suara resmi.

"Ini belum hasil, masih sekadar informasi yang dikirimkan dari tempat pemungutan suara," ujarnya di Kantor KPU Daerah Jawa Tengah, Minggu (26/5/2013).

Ia mengatakan, penghitungan suara yang dilakukan KPU hari ini didapatkan dari 40.000-an TPS atau 67,24 persen dari total sekitar 61.000 TPS. Hasil ini dikirimkan dari masing-masing KPPS melalui pesan singkat pada nomor khusus.

"KPU kerja sama dengan provider Telkomsel untuk perhitungan sementara. Jadi masing-masing KPPS (kirim) SMS ke nomor khusus empat digit yang sudah disediakan," ujarnya.

Ia mengatakan, hasil pemungutan suara ini akan dilakukan secara berjenjang dari tingkat kelurahan, kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi. Hasil tersebut akan dapat diketahui masyarakat melalui rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi pada 4 Juni mendatang. Fajar meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga situasi dan kondisi agar tetap baik hingga gubernur baru dilantik.

"Pelaksanaan pilgub kali ini berjalan dengan lancar dan semoga tetap terjaga dengan baik," katanya.

Mengenai jumlah pemilih yang absen dalam pencoblosan hari ini, Fajar menyatakan belum bisa mengetahuinya. Namun, ia melihat cukup banyak pemilih yang mengabaikan haknya.

"KPU sudah membuka ruang seluas-luasnya pada masyarakat untuk berperan pada pilgub ini dan yang menang, ya masyarakat Jawa Tengah," katanya.

Hasil perhitungan sementara dari KPU ini tidak jauh berbeda dari perhitungan cepat sejumlah lembaga survei.

Berdasarkan hitung cepat oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) hingga pukul 14.30 WIB, Ganjar-Heru memperoleh 48,46 persen suara. Urutan kedua diisi pasangan nomor urut dua, Bibit Waluyo-Sudijono Sastroamidjojo, dengan perolehan sementara 30,84 persen. Adapun pasangan nomor satu Hadi Prabowo-Don Murdono berada di urutan tiga dengan suara sementara 20,70 persen. Hingga pukul 14.30 WIB, perhitungan LSI itu dilakukan saat suara yang masuk mencapai 85 persen.

Sementara itu, berdasarkan hitung cepat Indo Barometer, pasangan Ganjar-Heru memperoleh 46,65 persen suara, Bibit-Sudijono mendapatkan 31,77 persen suara, dan Hadi-Don Murdono meraih 21,58 persen suara. Perhitungan dilakukan saat suara yang masuk mencapai 78 persen.

Berdasarkan perhitungan suara Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang masuk hingga 95 persen, pasangan Ganjar-Heru unggul dengan perolehan 48,73 persen. Adapun pasangan Bibit-Sudijono 30,14 persen dan Hadi-Don Murdono 21,11 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com