Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEM SI Lakukan Aksi Demo di KPK

Kompas.com - 21/05/2013, 15:44 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa yang mewakili badan eksekutif mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia menggelar unjuk rasa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (21/5/2013). Mereka mendesak KPK segera menuntaskan kasus dugaan korupsi bailout Century. Akibat unjuk rasa ini, arus lalu lintas di ruas jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta terhambat.

Para pengunjuk rasa tampak memenuhi jalur lambat ruas Jalan HR Rasuna Said di depan Gedung KPK. Mereka terlihat mengusung spanduk dan poster yang bertuliskan kalimat-kalimat desakan kepada KPK. Salah satu posternya mempertanyakan janji Ketua KPK Abraham Samad dalam menuntaskan kasus Century. Dalam selebaran yang mereka bagi-bagikan, BEM SI mengutip pernyataan Abraham pada 15 Februari 2012, ketika dia baru menjabat ketua KPK.

"Agar menghilangkan dugaan politisasi kasus Bank Century, seperti yang dikemukakan teman-teman Demokrat seperti untuk mengulur-ulur sampai 2014, maka saya usulkan kasus Bank Century harus selesai tahun ini, atau saya akan mundur untuk pulang kampung," kata Abraham Samad yang dikutip para pengunjuk rasa tersebut.

Aksi unjuk rasa ini berlangsung sejak sekitar pukul 13.00 WIB. Tampak para pengunjuk rasa mengenakan almamater kampus masing-masing. Mereka juga membawa bendera kampus masing-masing, seperti bendera BEM Universitas Indonesia, BEM Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, BEM Universitas Jenderal Soedirman, dan Politeknik Negeri Bandung.

"Kami ada sekitar 500 orang mewakili mahasiswa seluruh Indonesia," ujar salah seorang pengunjuk rasa dari BEM Universitas Jenderal Soedirman. Aksi unjuk rasa ini sempat diwarnai kericuhan saat pengunjukrasa merengsek masuk ke dalam pagar Gedung KPK. Kini, para mahasiswa berhasil masuk. Sebagian dari mereka duduk-duduk di dalam halaman Gedung KPK sambil mengusung bendera dan spandung. Bukan hanya para pria, aksi unjukrasa ini pun diramaikan para mahasiswi.

Tampak sejumlah mahasiswi berkerudung ikut mengusung spanduk dan bendera sembari meneriakkan tuntutan mereka. Sesekali mereka mengejek KPK. "KPK lelet.. KPK lelet.. KPK lelet"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com