Kompas.com - 20/05/2013, 18:55 WIB
|
EditorFarid Assifa

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Puluhan warga Ahmadiyah asal Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, meninggalkan ajarannya. Ikrar keluar dari Ahmadiyah dibacakan di Masjid Agung Kabupaten Tasikmalaya, Senin (20/5/2013).

Prosesi pembacaan dua kalimat syahadat dan penandatanganan sumpah janji warga Ahmadiyah tersebut disaksikan langsung Menteri Agama RI Suryadharma Ali.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Dadang Romansyah menyatakan, tercatat warga Ahmadiyah yang sudah keluar dari ajarannya sebanyak 20 orang. Mereka keluar dari Ahmadiyah secara sukarela dan tanpa paksaan siapa pun.

Sampai sekarang, total warga Ahmadiyah yang telah keluar dari ajarannya di Kabupaten Tasikmalaya mencapai 732 orang. Sementara penganut Ahmadiyah seluruhnya sekitar 4.613 orang.

"20 orang hari ini yang telah mengucap syahadat," jelas Dadang kepada sejumlah wartawan seusai acara, Senin siang tadi.

Keluarnya warga Ahmadiyah dari ajarannya ini, kata Dadang, berkat peran beberapa pihak, mulai dari pemerintah daerah, Kementerian Agama, dan beberapa elemen masyarakat yang telah berupaya memberikan pendekatan dan pemahaman selama ini.

"Memang acara dilaksanakan oleh pihak Kementerian Agama, tapi dibantu oleh elemen masyarakat lainnya," ungkap dia.

Sementara itu, Menteri Agama Suryadharma Ali mengaku terharu saat menyaksikan langsung prosesi pengambilan sumpah janji dan dua kalimat syahadat puluhan jemaah Ahmadiyah tersebut. Ia pun merasa bangga karena jemaah Ahmadiyah akhirnya berangsur masuk Islam, tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.

"Jujur saya tadi melihatnya menangis dan meneteskan air mata saat puluhan jemaah Ahmadiyah resmi masuk Islam. Saya berterima kasih kepada semua pihak," kata Suryadharma Ali di sela sambutannya di hadapan puluhan jemaah Ahmadiyah, ratusan masyarakat serta para pegawai Kementerian Agama dan pemerintah daerah setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.