Kompas.com - 17/05/2013, 19:32 WIB
|
EditorFarid Assifa

KEDIRI, KOMPAS.com — Pengurus Ahmadiyah wilayah Tulungagung mengancam akan mengadukan kasus perusakan Masjid Baitul Salam milik Ahmadiyah pada Kamis (16/5/2013) malam ke kepolisian. Masjid yang dirusak itu berada di Desa Gempolan, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Ancaman itu disampaikan Aminullah Yusuf, mubalig atau juru dakwah Ahmadiyah wilayah eks Karesidenan Kediri, saat ditemui di Kelurahan Ngadisimo, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (17/5/2013).

"Yang dilakukan perusuh itu merupakan perbuatan melanggar hukum," tandas Aminullah.

Aminullah Yusuf mengaku pihaknya sudah mendatangi polsek hingga polres di Tulungagung. Dalam waktu dekat, kata Aminullah, pihaknya juga akan melaporkan peristiwa ini kepada Kapolda Jatim. Ia berharap, massa yang disebutnya sebagai perusuh itu dapat ditindak dan diproses sesuai hukum yang berlaku. Hal itu, kata Amin, demi menjaga stabilitas kerukunan dan perdamaian masyarakat di negara ini.

"Kami berharap para perusuh itu ditindak tegas agar tidak terulang lagi kejadian seperti ini," tegas Aminullah.

Sebelumnya, diberitakan, sekelompok massa merusak masjid jemaah Ahmadiyah di Tulungagung, Kamis malam. Penyebabnya diduga karena masjid yang telah dibekukan dari kegiatan itu tiba-tiba difungsikan kembali pasca-datangnya mubalig dari Bogor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.