Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tiga Srikandi yang Berjasa dalam Dunia Mode

Kompas.com - 15/05/2013, 22:05 WIB
Dahlia Irawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com— Tiga srikandi yang dinilai berjasa atas perkembangan dunia fashion Indonesia, Rabu (15/5/2013), dianugerahi gelar dalam Fashion Icon Awards Jakarta Fashion and Food Festival 2013.

Tiga srikandi tersebut adalah Non Kawilarang, Carmanita, dan Jultin H Kartasasmita. Adriana Paula Kawilarang atau Non Kawilarang dianugerahi Lifetime Fashion Icon Awards sebagai pelopor industri mode indonesia.

Non Kawilarang melahirkan sejumlah desainer hebat seperti Ramli dan Poppy Darsono.

Dalam penganugerahan ini, almarhum Non Kawilarang diwakili putrinya, Rima Melati.

Srikandi kedua adalah Carmanita. Beliau dianugerahi penghargaan kategori desainer. Carmanita, yang merupakan cucu Ibu Sud, sudah mulai berkarya sejak tahun 1987.

Tahun 2010, mobil mewah Eropa berhasil dibatiknya. Ban mobil GT Radial juga dengan indah dibatiknya.

Tahun ini, ia dipercaya mendesain festival bunga Pasadane dengan desain batiknya. Srikandi ketiga adalah Jultin H Kartasasmita, untuk kategori fashion support.

Jultin dianggap menginspirasi dan menggerakkan perajin dan pengusaha batik untuk berkarya dengan mengikuti perkembangan zaman.

"Sekarang banyak desainer-desainer muda berbakat di Indonesia. Mari bersama-sama mengembangkan karya kekayaan Indonesia," tutur Jultin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com