Kompas.com - 11/05/2013, 07:02 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

UNGARAN, KOMPAS.com — Rapat Pansus IX DPRD Kabupaten Semarang hingga lima jam lantaran kehadiran anggota pansus tidak memenuhi kuorum. Namun, Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Semarang hanya memberikan teguran lisan pada semua fraksi atas kejadian ini.

"Tahun ini saya baru sebatas teguran lisan saja pada sejumlah fraksi. Kalau tidak memperbaiki, kami berikan sanksi tegas berupa teguran tertulis dan sanksi yang telah diatur lainnya," ujar Ketua BK DPRD Kabupaten Semarang Joko Sriyono, Jumat (10/5/2013) sore. Ia mengakui tingkat keaktifan anggota Dewan mengikuti kegiatan DPRD pada 2013 ini menurun.

Rapat Pansus Kajian Kerjasama Pembangunan dan Pengelolaan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang digelar Jumat (10/5/2013) pagi molor. Semula rapat dijadwalkan berlangsung pada pagi hari, tetapi baru terlaksana pada petang harinya karena kuorum tak kunjung terpenuhi. "Coba njenengan lihat saja Pansus JPO, jadwalnya jam sembilan, tapi sampai jam 1 belum kuorum. Kalau seperti itu terus maka waktu kegiatan jadi molor dan target penyelesaiannya ikut molor," kecam Joko.

Menurut Joko, dibandingkan pada 2012, tingkat kehadiran Dewan pada tahun ini makin memprihatinkan. Hal itu disebabkan pada tahun ini banyak anggota Dewan disibukkan urusan politik menjelang 2014. "Tahun ini adalah tahun politik, kemungkinan mereka sibuk urusan partai. Semestinya tidak boleh begitu, tetap harus datang tepat waktu karena sudah menjadi konsekuensinya. Kalau tidak mengikuti pembahasan pansus maka BK akan memberikan tindakan tegas," janji dia.

Dari pantauan Kompas.com, rapat pansus tersebut baru dimulai pukul 13.30 WIB, atau molor lebih dari empat jam dari yang dijadwalkan. Sedangkan anggota pansus yang hadir hanya 11 orang dari 20 anggota pansus yang terdaftar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.