Jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Makin "Nge-Tren"

Kompas.com - 08/05/2013, 11:25 WIB
|
EditorCaroline Damanik

KOMPAS.com — Siapa bilang cita-cita menjadi guru sudah ketinggalan zaman. Tahun ini, jurusan di bidang keguruan dan ilmu pendidikan ternyata kembali makin diminati.

Kepala Hubungan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Widya Parimita mengatakan, UNJ mencatat adanya peningkatan peminat di fakultas-fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang dimilikinya. Menurut Widya, meningkatnya tren minat di bidang keguruan dan ilmu pendidikan disebabkan makin baiknya apresiasi pemerintah terhadap para pendidik ini.

"Kalau saya lihat, orang sekarang kembali meminati yang namanya pendidikan. Pemerintah kan terus memberikan apresiasi yang baik kepada guru, sekarang trennya ke arah pendidikan lagi. Beberapa tahun lalu kan sempat turun ya tren untuk menjadi guru, sekarang berkembang lagi," tuturnya di sela acara SBMPTN Info Day 2013 di Balairung UI, beberapa waktu lalu.

Widya sempat mengakui bahwa minat terhadap bidang ilmu ini sempat turun dalam 2-3 tahun belakangan. Para calon mahasiswa lebih banyak memilih jurusan-jurusan non-kependidikan di UNJ, seperti Bahasa Inggris, Ekonomi, Teknik, Tata Rias, dan Tata Boga.


Selain bidang keguruan dan ilmu pendidikan, jurusan yang tren minatnya makin baik adalah yang terkait dengan bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) serta Ilmu Keolahragaan.

Di UNJ, Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari 8 jurusan atau program studi, yaitu Bimbingan dan Konseling, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Manajemen Pendidikan, dan Psikologi.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X