Mahfud, Marzuki, dan Gita Maju

Kompas.com - 24/04/2013, 02:17 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua DPR Marzuki Alie, dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mempertimbangkan ikut konvensi calon presiden Partai Demokrat. Mahfud melihat persyaratan, Marzuki merasa diminta Susilo Bambang Yudhoyono, dan Gita akan menyampaikan niat itu kepada Presiden.

Mahfud menilai konvensi sebagai hal positif karena memungkinkan capres-cawapres dari luar partai politik. Proses itu juga baik untuk memberi tafsir yang dinamis pada konstitusi. ”Sehingga (capres) tidak hanya dikangkangi oleh partai,” ujar Mahfud di Gedung Komisi Yudisial, Jakarta, Selasa (23/4).

Setelah diminta Yudhoyono dalam beberapa kesempatan dan lewat pesan singkat, Marzuki mempersiapkan diri mengikuti konvensi di partainya. Pesan singkat itu berisi, ”Berkaitan dengan primary dan convention Partai Demokrat, saya berharap Pak Marzuki bisa mengikutinya, persiapkan diri dengan baik.”

Gita yang ikut rombongan Presiden ke Singapura menyatakan kesiapannya ikut konvensi. ”Kalau Demokrat memperkenankan siapa pun (ikut mencalonkan dalam konvensi), saya akan ikut (mencalonkan diri),” katanya.

Kepentingan Yudhoyono

Di sela-sela kunjungannya ke Singapura, Presiden Yudhoyono, yang juga menjabat Ketua Umum Demokrat, menyatakan, konvensi pemilihan capres yang akan digelar partainya dimaksudkan untuk menghadirkan calon alternatif bagi rakyat. Melalui konvensi itu, ia berharap capres dari Demokrat memenangi pemilihan dan meneruskan capaiannya selama 10 tahun memimpin Indonesia.

”Kepentingan saya barangkali subyektif, tetapi sebagai pemimpin yang akan habis masa jabatannya, saya ingin pengganti saya bisa terus melanjutkan yang kami lakukan. Baik itu pembangunan ekonomi, demokrasi politik, pemberantasan korupsi dan penegakan hukum, maupun peran Indonesia di kancah internasional,” kata Yudhoyono.

Pernyataan itu disampaikan Yudhoyono menjawab pertanyaan yang diajukan dalam dialog Forum Pasar Global di kantor berita Thomson Reuters, Singapura.

Yudhoyono tidak menyebutkan secara spesifik kriteria capres yang dicari Demokrat dalam konvensi itu. Namun, ia menginginkan penggantinya dapat mempertahankan hasil baik yang dicapainya, serta dapat meraih hasil yang belum dicapainya. Calon itu harus mempunyai pandangan ke luar, memahami isu komunitas internasional, dan bersahabat dengan negara lain.

Konvensi Demokrat rencananya dilaksanakan pada Mei atau Juni 2013. Konvensi dirancang berlangsung delapan bulan dengan sistem semiterbuka dan melibatkan rakyat.

”Mudah-mudahan ada tokoh Indonesia yang bisa memenuhi kriteria itu dan dipilih rakyat. Saya melihat, jika (calon) punya integritas, kapasitas, pengalaman, dan visi, kalau disukai rakyat, pastilah dipilih,” katanya.

Soal nama calon yang akan ikut konvensi dan nantinya diusung Demokrat, Yudhoyono mengaku belum bisa menyebutkan. ”Yang tahu hanya Tuhan Yang Mahakuasa,” ujarnya.

Selain Mahfud, Marzuki, dan Gita, Ketua DPD Irman Gusman akan ikut. (ANA/NWO/WHY)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.