Kompas.com - 21/04/2013, 15:13 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KENDARI, KOMPAS.com - Jelang satu hari tenggat waktu penyerahkan Daftar Caleg Sementara (DCS) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara, Minggu (21/4/2013), baru Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang mendaftar.

Ketua Nasdem Sultra, LM. Bariun mengaku baru bisa menyerahan DCS ke KPU Sultra, karena terkendala masalah pengurusan tes kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa Kendari.

"Karena di sini hanya ada satu rumah sakit jiwa. Sementara pihak rumah sakit jiwa melayani ratusan orang, kebetulan yang meng-handle yaitu tenaga dokter juga terbatas," kata Bariun di Sekretariat KPU Provinsi Sultra, siang tadi.

Sementara persyaratan lainnya, lanjut Bariun, sudah dipenuhi. Antara lain, 30 persen keterwakilan perempuan juga sudah lengkap. Bariun optimistis, berkas persyaratan daftar caleg sementara yang telah diserahkan ke KPU Sultra lengkap, saat KPU Sultra melakukan verifikasi.

"Seperti tes kesehatan, tes kejiwaan, keterwakilan perempuan, ijazah, KTA dan lain-lain sudah kami serahkan," ungkap Bairun.

Lebih lanjut Bariun mengaku telah memberikan 45 nama calon legislator kepada KPU. "Bertepatan dengan hari Kartini tangal 21 dan sesuai rencana, Partai Nasdem menyerahkan daftar nama 45 calon anggota DPRD ke KPU untuk menjadi DCS (daftar caleg sementara)," katanya.

Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari sekitar 200 calon yang mendaftar. Pemilihan 45 caleg tersebut karena dinilai memiliki integritas, kapasitas dan moralitas. "Hasil seleksi di partai dari 200 orang yang mendaftar, 45 orang memiliki elektabilitas. Karena jangan sampai kami mendorong calon yang tidak layak jual di masyarakat, akan merugikan partai, " ujarnya.

Semantara itu, Ketua PKPI Sultra, Wa Ode Hasniati mengaku baru akan menyerahkan DCS ke KPU Sultra hari terakhir, Senin (22/4/2013). "Karena masih ada berkas yang belum lengkap, khususnya hasil pemeriksaan tes kejiwaan para caleg," terangnya.

Pantauan di Sekretariat KPU Sultra, Jalan Khairul Anwar Kendari, dua partai yakni Partai Golkar dan Gerindra mengantri untuk menyerahkan berkas DCS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.