Material Pembuatan BPKB Dan STNK di Jatim Kosong

Kompas.com - 29/03/2013, 12:11 WIB
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com - Polda Jatim hingga saat ini masih belum dapat menyediakan material untuk pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Kosongnya material itu karena belum selesainya proses tender di Korlantas Polri.

Namun masyarakat diminta tidak terlalu resah, karena kata Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol Komarul Zaman, proses pelayanan masyarakat terkait administrasi kendaraan bermotor masih tetap berjalan seperti biasanya. ''Kita gunakan blanko STNK dan BPKB sementara sesuai format dari Korlantas Mabes Polri," ujar Komarul Zaman, saat dikonfirmasi Jumat (29/3/2013).

Surat keterangan sementara atau Spektek Sket BPKB atau STNK itu berlaku paling lama enam bulan sejak tanggal dikeluarkan, dan setelah masa berlaku habis akan diganti dengan BPKB asli sekitar bulan Juni nanti. Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Dispenda dan seluruh jajaran pelayanan Samsat di Jatim tentang kekosongan material ini.

"Kita juga sudah tempatkan personal di segenap kantor Samsat yang bertugas untuk mensosialisasikan, dan memberikan penjelasan kepada masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan administarsi kendaraan," tambahnya.

Untuk spektek sket sementara pengganti STNK ditandai dengan cap pada lembaran belakang Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) yang dikeluarkan oleh Dispenda. Pelaksaan pengecapan pada SKPD akan dikoordinasikan dengan Dispenda setempat, sementara syarat dan prosedur pelaksanaan regiden untuk BPKB dan STNK dengan spektek sket sementara, tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

Spektek sementara untuk STNK dengan cap memiliki legalitas sama dengan STNK aslinya. Sehingga kata Komarul, tidak boleh dilakukan penindakan hukum bagi penggunanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.