Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala BNN: Narkotika yang Digunakan Jenis Baru

Kompas.com - 28/01/2013, 13:58 WIB
Christoporus Wahyu Haryo P

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Narkotika Nasional Komisaris Jenderal Anang Iskandar memastikan, narkotika yang digunakan belasan pesohor yang digerebek Minggu (27/1/2012) lalu merupakan narkotika jenis baru. Saat mengonsumsi, terduga membuka narkotika yang dikemas dalam kapsul dan mencampurnya dengan minuman ringan.

Namun, Anang belum bersedia merinci jenis baru narkotika itu karena masih dalam penyelidikan di laboratorium. "Sekarang masih diadakan pemeriksaan karena memang menggunakan jenis (narkotika) baru, yakni menggunakan kapsul. Sekarang masih dilakukan pemeriksaan di laboratorium," kata Anang di sela-sela mengikuti Rapat Kerja Pemerintah 2013 di Jakarta Convention Center, Senin (28/1/2013).

"Jenis narkotika itu kandungannya apa (belum diketahui) karena itu dibikin sendiri. Sekarang masih dilakukan pemeriksaan laboratorium," lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kompas (28/1/2013), Badan Narkotika Nasional menangkap empat artis dan 13 pesohor lain di rumah artis RA (26) di Jalan Gunung Balong, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (27/1/2013) pagi. Lima orang di antaranya dinyatakan positif mengonsumsi ekstasi dan ganja.

Menurut Anang, tidak semua pesohor yang ditangkap itu ada yang menggunakan narkotika. Mereka yang mengonsumsi menggunakannya dengan cara mencampur di minuman ringan. "Dari kapsul dibuka, dimasukkan ke minuman. Lalu mereka bergantian minum," katanya.

Ia juga belum bisa memastikan artis atau pesohor siapa saja yang positif menggunakan narkotika itu karena pemeriksaan terhadap mereka belum selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com