Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Umumkan Menpora

Kompas.com - 11/01/2013, 03:33 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Jumat (11/1) siang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengumumkan nama kader Partai Demokrat yang ditunjuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan Andi Mallarangeng. Kepastian pengumuman itu disampaikan Sekretaris Negara Sudi Silalahi di Istana, kemarin.

Sebelum kepastian pengumuman disampaikan, Kamis pagi, anggota Komisi I DPR Fraksi Demokrat, Roy Suryo Notodiprodjo, ada di Istana. Menurut Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, Roy Suryo diundang ke Istana karena ada beberapa hal yang hendak dibicarakan.

Roy Suryo yang dihubungi untuk konfirmasi menyarankan masyarakat menunggu pengumuman resmi Presiden. Ia mengakui, tugas yang berat bakal menanti Menpora yang baru.

”Sebaiknya tunggu saja pengumuman resmi Presiden. Meski amanah ini berat, semoga segalanya lebih baik bagi kita semua,” kata Roy melalui layanan pesan singkat (SMS).

Tugas berat yang dirincinya adalah persoalan di tubuh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), mempertahankan juara SEA Games di Myanmar yang akan datang, penyelenggaraan Islamic Solidarity Games di Pekanbaru, revitalisasi pramuka, dan organisasi-organisasi pemuda. ”Belum penyelesaian (kasus) Hambalang dan sebagainya,” kata Roy.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat yang ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Menpora mengaku belum mendengar kabar penunjukan Menpora. Hal yang sama juga disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin, yang juga anggota Dewan Kehormatan Partai Demokrat.

Namun, Amir menilai, Roy Suryo sebagai kader muda yang mumpuni. ”Seorang Roy saya kira kader kami yang muda dan kreatif. Saya tahu dia kader yang baik dan loyal. Dia salah satu kader yang mumpuni, kader terbaik kami,” katanya.

Sebelumnya beredar sejumlah nama kader Demokrat yang disebut-sebut menjadi kandidat Menpora. Mereka antara lain Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan, Sekretaris Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Partai Demokrat Khatibul Umam Wiranu, serta Sekretaris Departemen Perbankan Partai Demokrat Ahsanul Qosasih.

Soal kemungkinan Roy Suryo yang dipilih Presiden, M Qodari dari Indo Barometer melihat alasannya karena politisi asal Daerah Istimewa Yogyakarta itu merupakan kubu Andi Mallarangeng. Selain itu, tradisi selama ini, posisi Menpora diisi orang muda meski minim pengalaman di bidang olahraga. (WHY/NWO)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.