Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendemo Bupati Aceng Dibujuk Pakai Shalawat

Kompas.com - 19/12/2012, 17:57 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Petugas pengamanan dari Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Jawa Barat membujuk ribuan demonstran dengan senandung shalawat. Langkah itu dilakukan untuk menenangkan massa yang sebelumnya akan merangsek masuk dan menjebol barikade kawat berduri untuk mendekati Gedung DPRD Garut, Rabu (19/12/2012).

Setelah rapat paripurna ditutup dan para anggota dewan membubarkan diri, aksi massa oleh salah satu organisasi masyarakat masih berlangsung di Jalan Pahlawan, Garut, yang jaraknya sekitar 20 meter ke gedung dewan.

Malah, sempat terjadi ketegangan yang dilakukan massa aksi dengan melemparkan batu dan air mineral ke arah barikade polisi dan gedung dewan. Beruntung kejadian mereda setelah salah satu koordinator aksi menenangkan massanya untuk tidak berbuat anarkis.

Senandung shalawat Satbrimob pun ternyata diikuti oleh seluruh pendemo, polisi dan warga sekitar. Mereka sepakat duduk bersila sambil berdoa dan shalawat yang terus dikumandangkan. Setelah itu, Kasat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Waris Agono yang berada di tengah-tengah aksi pengamanan meminta pendemo untuk tenang dan aman.

"Kini bukan saatnya ada gontok-gontokan antara polisi dan warga. Jadi marilah kita ciptakan ketertiban dan keamanan," kata dia di hadapan para pendemo.

Seperti yang diberitakan, massa warga Garut tumpah ruah di Gedung DPRD untuk mendesak agar paripurna DPRD Garut mengeluarkan rekomendasi pemberhentian Bupati Aceng HM Fikri dari jabatannya menyusul terkuaknya kasus nikah kilatnya dengan seorang dara belia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com