Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anas Konsolidasi Kekuatan Partai

Kompas.com - 15/12/2012, 02:28 WIB

Jakarta, Kompas - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum ditengarai sedang mengonsolidasikan kekuatannya di Partai Demokrat. Namun, upaya yang antara lain dilakukan dengan merombak sebagian kepengurusan Partai Demokrat tersebut dapat dibaca sebagai adanya friksi, bahkan fragmentasi di elite partai itu.

Dalam perombakan kepengurusan itu, Jumat (14/12), diketahui, Ruhut Sitompul dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika Partai Demokrat. Ruhut, yang beberapa kali meminta Anas untuk sementara mundur dari Ketua Umum Partai Demokat agar fokus menghadapi kasus yang diduga melibatkannya, posisinya digantikan Nurul Qomar yang sebelum menjadi wakil rakyat dikenal sebagai pelawak.

Mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum, Andi Nurpati, digeser dari posisinya sebagai Ketua Divisi Komunikasi Publik menjadi Ketua Divisi Hubungan Eksternal, Luar Negeri, dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Posisi yang ditinggalkan Andi Nurpati diisi Gede Pasek Suardika yang selama ini diduga cukup dekat dengan Anas.

Ruhut mengaku belum yakin dipecat dari kepengurusan partai karena belum menerima surat keputusan tentang hal itu. Dia mengatakan hanya berpegangan dan patuh pada Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Ruhut menduga, pemecatan itu terjadi karena desakan orang di sekitar Anas yang tidak senang dengannya. Dia juga menyatakan, pemecatan itu tidak akan mengubah sikapnya untuk terus meminta Anas mundur sementara agar Partai Demokrat tidak karam di Pemilu 2014.

Namun, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Saan Mustopa menolak anggapan pencopotan Ruhut terkait dengan pernyataannya terhadap Anas. ”Pergeseran ini hanya untuk solidkan partai dan memaksimalkan semua pengurus,” ucap Saan.

Saan juga menginformasikan, pencopotan Ruhut sudah dilakukan sejak September 2012, yaitu ketika Partai Demokrat mendaftar ke KPU sebagai calon peserta Pemilu 2014. Untuk memenuhi salah satu persyaratan, saat itu Partai Demokrat mengisi sejumlah posisi di kepengurusan yang lowong dan menggeser sejumlah posisi.

Sempat ricuh

Kemarin, Anas secara resmi membuka acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan Resepsi HUT Ke-11 Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Acara itu dihadiri pengurus DPD, DPC, pimpinan dan anggota Fraksi Partai Demokrat DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, pimpinan organisasi-organisasi sayap Partai Demokrat, dan ribuan kader.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com