Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2012, 16:58 WIB

KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit setelah mandi. Pasalnya, ternyata air saja tak cukup untuk melembabkan kulit saat mandi. Air mudah saja menguap dari kulit, dan setelah mandi tubuh terasa kering. Kulit yang kering lebih berisiko teriritasi.

Salah satu pilihan cara melembabkan kulit atau mencegah kulit kering setelah mandi, adalah mencampurkan air dengan minyak khusus untuk mandi. Minyak ini berfungsi menjaga agar air yang terserap kulit tidak cepat menguap sehingga kelembaban tetap terpelihara.

Boleh jadi Anda juga pernah melakukan cara ini. Namun, menurut dokter ahli kulit dr Amaranila Drijono SpKK (akrab disapa dr Nila), cara ini tak selalu tepat.

Menurut dr Nila, banyak faktor yang harus diperhatikan dalam perawatan kulit. Anda tak asal mengikuti kebiasaan masyarakat tertentu tanpa memahami apa tujuan dan maksudnya. Perawatan kulit, terutama di tahap dasar saat mandi, perlu memerhatikan kondisi kulit seperti apa, bahkan kondisi iklim tempat kita tinggal juga memengaruhi pemilihan produk perawatan kulit/tubuh.

"Air mandi yang diberi minyak lebih cocok untuk mereka yang tinggal di negara dengan iklim dingin. Tujuannya untuk menghindari penguapan yang berlebihan," jelasnya saat media workshop bersama Dove Body Wash Nutrium Moisture di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Jumat (7/12/2012).

Untuk kita yang tinggal di iklim tropis, penggunaan campuran air dengan minyak tertentu saat mandi ini belum tentu tepat. "Mungkin tepat jika dilakukan pada malam hari," jelasnya.

Namun, manfaat melembabkan tidak bisa Anda dapatkan dengan cara ini jika penggunaan air dan minyak saat mandi dilakukan sebelum Anda beraktivitas di iklim tropis.

Dr Nila menjelaskan, minyak yang menempel di kulit setelah mandi akan menutup pori-pori. Jika pori-pori tersumbat, akibatnya muncul jerawat dan gangguan kulit lainnya. Hal ini bisa terjadi pada orang yang tinggal di iklim tropis yang lembab. Berbeda dengan mereka yang tinggal di negara dingin, di mana minyak yang menempel di kulit ini memang berfungsi melembabkan agar kulit tak mudah kering.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com