Kompas.com - 07/12/2012, 12:52 WIB
Penulis Neli Triana
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelayanan perpanjangan SIM/STNK keliling terbukti sangat membantu warga Jakarta dan sekitarnya. Jumat ini, pelayanan yang digelar Polda Metro Jaya salah satunya berlokasi di depan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, waktu menunjukkan pukul 11.30. Bagi yang akan menunaikan ibadah shalat Jumat dipersilakan. Kami tetap akan bekerja melayani bapak ibu sekalian," kata petugas melalui pengeras suara.

Tak lama kemudian, terdengar lagi pengumuman, "Bapak ibu yang dipanggil namanya silakan merapikan diri. Ini mau difoto untuk SIM, siapkan diri yang paling cakep. Ini untuk sampai lima tahun ke depan."

Ucapan ini membuat sebagian pengantre tersenyum simpul. Layanan SIM/STNK keliling hanya melayani perpanjangan SIM/STNK saja. Syaratnya cukup bawa SIM asli dan KTP asli, kemudian isi formulir yang disediakan.

"Hanya dilayani SIM/STNK yang mati kurang dari satu tahun saja. Kalau lebih dari satu tahun harus diuji lagi di Samsat," kata petugas di lokasi.

Akan lebih baik jika dipersiapkan fotokopi SIM dan KTP terlebih dahulu. Namun, jika mau praktis, bisa juga fotokopi di lokasi dengan membayar Rp 2.000. Biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp 135.000 dan SIM A sebesar Rp 145.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.