Kompas.com - 26/11/2012, 15:54 WIB
|
EditorRusdi Amral

MATARAM, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat, mengumumkan 16 partai politik dinyatakan lolos verifikasi faktual tingkat provinsi. Dari total jumlah parpol itu, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru, tidak memenuhi 30 persen perempuan dalam kepengurusan inti Parpol.

Hasil Verifikasi Faktual Parpol itu diumumkan, hari Senin (26/11/2012) di Mataram, melalui Rapat Pleno Terbuka, yang dipimpin Ketua KPUD NTB, Fauzan Khalid. Sebelumnya, ada delapan Parpol yang mengikuti verifikasi terkait domisili kantor, dan keterwakilan perempuan dalam struktur partai sebesar 30 persen, dan pengurus inti.

Hasilnya, Golkar hanya mampu melengkapi 18 persen perempuan dalam struktur pengurus, Partai Persatuan Pembangunan 28,6 persen, dan PKBIB 27,5 persen. "Tidak ada sanksi bagi parpol itu, kendati mereka diminta membuat surat pernyataan soal ketidak-mampuan memenuhi syarat keterwakilan perempuan," kata Aksor Ansori, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPUD NTB.

Setelah verifikasi tingkat Provinsi, ke 16 Parpol itu akan mengikuti Verifikasi Faktual tingkat Kabupaten-Kota, yang dijadwalkan berlangsung 22-25 Desember 2012. Hasil verifikasi tingkat kabupaten-kota, di samping verifikasi tingkat provinsi itu, dikirim ke KPU Pusat sebagai acuan menetapkan parpol peserta Pemilu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.