Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 16 Parpol di NTB Lolos Verifikasi Faktual

Kompas.com - 26/11/2012, 15:54 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat, mengumumkan 16 partai politik dinyatakan lolos verifikasi faktual tingkat provinsi. Dari total jumlah parpol itu, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru, tidak memenuhi 30 persen perempuan dalam kepengurusan inti Parpol.

Hasil Verifikasi Faktual Parpol itu diumumkan, hari Senin (26/11/2012) di Mataram, melalui Rapat Pleno Terbuka, yang dipimpin Ketua KPUD NTB, Fauzan Khalid. Sebelumnya, ada delapan Parpol yang mengikuti verifikasi terkait domisili kantor, dan keterwakilan perempuan dalam struktur partai sebesar 30 persen, dan pengurus inti.

Hasilnya, Golkar hanya mampu melengkapi 18 persen perempuan dalam struktur pengurus, Partai Persatuan Pembangunan 28,6 persen, dan PKBIB 27,5 persen. "Tidak ada sanksi bagi parpol itu, kendati mereka diminta membuat surat pernyataan soal ketidak-mampuan memenuhi syarat keterwakilan perempuan," kata Aksor Ansori, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPUD NTB.

Setelah verifikasi tingkat Provinsi, ke 16 Parpol itu akan mengikuti Verifikasi Faktual tingkat Kabupaten-Kota, yang dijadwalkan berlangsung 22-25 Desember 2012. Hasil verifikasi tingkat kabupaten-kota, di samping verifikasi tingkat provinsi itu, dikirim ke KPU Pusat sebagai acuan menetapkan parpol peserta Pemilu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com