Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Terbitkan Sukuk Global 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 19/11/2012, 13:17 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menerbitkan sukuk (obligasi syariah) global pada Rabu (21/11/2012). Nilainya sebesar 1 miliar dollar AS.

"Kita terbitkan sukuk global 1 miliar dollar AS, dengan tenor 10 tahun dengan kupon 3,3 persen," kata Pejabat Sementara Dirjen Pengelolaan utang Kementerian Keuangan Robert Pakpahan di Jakarta, Senin (19/11/2012).

Untuk pricing sudah dilakukan pada 14 November 2012 lalu. Untuk joint lead arranger, pemerintah sudah menunjuk Standard Chartered Securities, SMBC Nikko Securities dan Deutche Bank Securities. "Sementara formatnya adalah sukuk al ijarah," tambahnya.

Untuk kuponnya, Robert mengaku nilai tersebut sudah cukup bagus dan lebih murah dibanding tahun sebelumnya. Saat ini, kupon sukuk global tersebut senilai 107 bps di atas US Treasury Rate. "Sementara tahun sebelumnya, rate-nya 255 bps," tambahnya.

Robert menilai kupon yang rendah tersebut disebabkan karena Indonesia sudah memiliki peringkat Investment Grade. Terbukti sudah ada empat lembaga pemeringkat rating yang menaikkan level Indonesia ke investment grade yaitu dari Fitch Rating, Moodys, JCI dan R&I.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com