Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pahlawan, PDI-P Buka Lowongan Cagub-Cawagub

Kompas.com - 31/10/2012, 14:16 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Timur menjadwalkan buka pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim tepat pada Hari Pahlawan 10 November mendatang. Harapannya, niat pendaftar dapat sesuci niat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI-P Jatim Suhardoyo mengatakan, pendaftaran dibuka hingga 24 November mendatang. "Pendaftaran terbuka untuk umum dan gratis di kantor DPD PDI-P Jatim, Jalan Jemursari Surabaya," katanya, Rabu (31/10/2012).

Mekanisme pendaftaran tersebut bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau berpasangan sesama balon cagub dan cawagub. Setelah sejumlah nama masuk, akan dilakukan fit and proper test dan survei.

''Hasilnya baru akan diusulkan ke DPP untuk memperoleh rekomendasi. Minimal ada dua nama pasangan yang kita kirim," tambahnya.

Selanjutnya, setelah keluar rekomendasi dari DPP akan ditindaklanjuti dengan Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) ke masing-masing DPC se-Jawa Timur. Tujuannya adalah untuk menyosialisasikan pasangan cagub dan cawagub resmi yang diusung oleh partai berlambang banteng moncong putih ini.

Komisi Pemilihan Umum Jatim memastikan, Pilgub Jatim akan digelar pada 29 Agustus 2013. Pilgub rencananya digelar serempak dengan pemilihan wali kota di empat kota, yakni Kota Probolinggo, Kota Kediri, Kota Mojokerto, dan Kota Madiun.

Pilgub serempak dengan pemilihan wali kota di empat kota itu dilakukan karena masa jabatan masing-masing kepala daerah habis dalam waktu yang bersamaan.

Sementara itu, sejumlah nama yang disebut bakal meramaikan Pilgub Jatim 2013, antara lain, pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Metro Jaya Irjen Untung S Rajab, Ketua DPD PDI-P Jatim Sirmadji, dan Ketua DPD Partai Golkar Martono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com