Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Ribu Buruh "Sweeping" Kawasan Industri Sentul

Kompas.com - 29/10/2012, 10:46 WIB
Antony Lee

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Belasan ribu buruh dari berbagai serikat pekerja menggelar sweeping di Kawasan Industri Sentul, Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (29/10/2012) pagi. Mereka mengajak buruh yang masih bekerja untuk bergabung bersama guna berunjuk rasa di Kantor Bupati Bogor untuk menolak sistem alih daya dan menuntut kenaikan upah.

Massa buruh mendapat pengawalan ketat dari personel kepolisian. Tidak jauh dari pintu masuk Kawasan Industri Sentul sudah disiapkan satu unit mobil water canon. Sementara di dalam kawasan industri, massa berhenti di tiap pabrik.

"Tadinya, di pabrik kami cuma mengirim 20 perwakilan, tetapi setelah sweeping, sekitar 500 buruh semuanya ikut," kata Gunawan (30), buruh di salah satu perusahaan yang bernaung di Serikat Buruh Sejahtera Indonesia.

Selain di Sentul, massa buruh dari Gunung Putri dan Citeureup saat ini juga sudah berkonsentrasi di depan pintu tol Gunung Putri untuk menuju Kantor Bupati Bogor di Cibinong.

Aksi sweeping masih terus berlanjut. Setelah selesai dari Kawasan Industri Sentul, massa akan menuju Jalan Tegar Beriman untuk berunjuk rasa di Pendopo Kabupaten Bogor di Cibinong.

Akibat aksi ini, lalu lintas di sejumlah ruas di Kabupaten Bogor macet parah. Sejumlah pengendara mengaku sudah terjebak kemacetan lebih dari satu jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com