Kemampuan Pesawat Tempur Indonesia Dirancang Sekelas F-16

Kompas.com - 19/10/2012, 19:29 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Indonesia tengah mendesain pesawat tempur. Sumber daya manusia Indonesia yang baik diyakini dapat merancang pesawat dengan kemampuan sekelas F-16. Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Korea Selatan dalam pembuatan pesawat itu.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengemukakan bahwa pesawat itu dinamakan Indonesia Fighter Experiment (IFX). Menurut Gusti, proses yang sedang dilakukan saat ini, yaitu mendesain pesawat.

Pesawat F-16 adalah jet buatan Amerika Serikat yang mampu melakukan berbagai peran. Selain pesawat tempur, F-16 juga bisa berfungsi sebagai pengebom dan menjalankan fungsi pemantauan. Pesawat itu juga mampu menjadi andalan dalam berbagai macam cuaca.

"Kualitas sumber daya manusia Indonesia tinggi dan banyak yang pintar. Malah, pihak Korsel minta mereka tinggal lebih lama. Luar biasa. Mereka lebih hebat dari dugaan Korsel," kata Gusti dalam kuliah umum yang diselenggarakan Universitas Palangkaraya di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (19/10/2012).


EditorNasru Alam Aziz

Close Ads X