Kompas.com - 28/09/2012, 00:15 WIB
|
EditorErlangga Djumena

KEDIRI, KOMPAS.com - Ribuan jamaah memadati malam peringatan 1.000 hari wafatnya KH. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur di kompleks Pesantren Tebu Ireng, Kecamatan Diwek, Jombang, Jawa Timur, Kamis (27/9/2012) malam.

Pantauan di lapangan, kepadatan pengunjung mulai terasa sekitar 500 meter dari gerbang masuk area pesantren sejak selepas maghrib. Akibatnya, jalan raya jalur Surabaya- Kediri yang terletak didepan pesantren tersebut ditutup total dan dialihkan pada jalur alternatif untuk memberi kesempatan para jamaah yang datang dari penjuru kota itu.

Akses masuk menuju makam pun tidak dapat ditembus karena sudah dipenuhi lautan manusia. Hingga akhirnya banyak dari jamaah yang berada di luar area pesantren menggelar alas duduk ala kadarnya untuk dapat mengikuti tahlil bersama itu.

Malam puncak peringatan tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh seperti Tolchah Hasan (mantan menteri agama era pemerintahan Gus Dur), serta KH. Maemun Zubair dari Sarang, Rembang. Dalam kesempatan itu mereka memberikan pengajian umum.

Kegiatan yang berlangsung sejak selepas maghrib itu baru usai tepat pada pukul 23.00 dengan ditutup doa oleh Syekh Ibrahim dari Mesir. Namun demikian meskipun acara telah selesai, pada bagian pusara Gus Dur berada masih sulit dijangkau. Masih banyak para jamaah yang menyempatkan diri berziarah ke makam mantan presiden Indonesia keempat itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.