Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Jamaah Padati Makam Gus Dur di Jombang

Kompas.com - 28/09/2012, 00:15 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Ribuan jamaah memadati malam peringatan 1.000 hari wafatnya KH. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur di kompleks Pesantren Tebu Ireng, Kecamatan Diwek, Jombang, Jawa Timur, Kamis (27/9/2012) malam.

Pantauan di lapangan, kepadatan pengunjung mulai terasa sekitar 500 meter dari gerbang masuk area pesantren sejak selepas maghrib. Akibatnya, jalan raya jalur Surabaya- Kediri yang terletak didepan pesantren tersebut ditutup total dan dialihkan pada jalur alternatif untuk memberi kesempatan para jamaah yang datang dari penjuru kota itu.

Akses masuk menuju makam pun tidak dapat ditembus karena sudah dipenuhi lautan manusia. Hingga akhirnya banyak dari jamaah yang berada di luar area pesantren menggelar alas duduk ala kadarnya untuk dapat mengikuti tahlil bersama itu.

Malam puncak peringatan tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh seperti Tolchah Hasan (mantan menteri agama era pemerintahan Gus Dur), serta KH. Maemun Zubair dari Sarang, Rembang. Dalam kesempatan itu mereka memberikan pengajian umum.

Kegiatan yang berlangsung sejak selepas maghrib itu baru usai tepat pada pukul 23.00 dengan ditutup doa oleh Syekh Ibrahim dari Mesir. Namun demikian meskipun acara telah selesai, pada bagian pusara Gus Dur berada masih sulit dijangkau. Masih banyak para jamaah yang menyempatkan diri berziarah ke makam mantan presiden Indonesia keempat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com