Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetangga Terduga Teroris Solo Masih Heran

Kompas.com - 24/09/2012, 15:57 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Penangkapan 9 terduga teroris di kota Solo, menyisakan tanya bagi beberapa warga di sekitar lokasi penangkapan. Selama bertahun-tahun ternyata baru mengetahui apabila salah satu tetangga mereka menjadi terduga teroris.

Hal tersbeut dialami dan dirasakan oleh beberapa warga yang tinggal tak jauh dari salah satu tersangka teroris, Chumaedi (43) alias Midi di Kampung Griyan RT 7/ RW 10 Kelurahan Pajang, Laweyan Kota, Solo, yang ditangkap Densus pada Sabtu (22/9/2012) lalu. Haryanto, salah satu teman akrab Chumaedi pun masih tidak percaya atas penangkapan temannya itu.

"Dulu dia teman mancing saya, dan tiga tahun terkahir ini dia memang berubah," katanya saat ditemui di depan rumah Midi yang sudah porak poranda.

Haryanto menceritakan sosok Midi yang dulunya akrab dan selalu murah senyum dan humoris, tiba tiba menjadi pendiam dan sedikit tertutup. "Kadang-kadang masih mendatangi warga yang sedang nongkrong, namun tidak banyak yang dia ucapkan. Dia orangnya sedikit aneh dan justru menjadi bahan banyolan warga, dan dia tidak mempermasalahkannya saat menjadi bahan banyolan," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Chumaedi ditangkap pada Sabtu kemarin pukul 7.00 di rumahnya, Kelurahan Pajang. Kemudian Densus menemukan beberapa barang bukti termasuk bahan peledak di rumah Chumaedi.

Chumaedi dikenal juga kenal dekat dengan Hadi Susilo alias Adib, salah satu tersangka teroris yang tewas bersama Noordin M Top saat penggrebekan Densus di Mojosongo, Solo tahun 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com